Wednesday, January 6, 2016

Cara memasang gelang ring pada anakan lovebird



















Semakin banyaknya penghobi burung yang mulai mencoba peruntungan dengan membreeding lovebird maka semakin banyak juga penghobi lovebird yang berinovasi untuk memasarkan lovebird mereka agar bisa diterima oleh kicaumania. Salah satunya adalah dengan mempercantik tampilan lovebird, lovebird sudah indah tapi terus dibuat indah maka akan menjadi semakin indah dan cantik seperti yang lagi menulis artikel ini hahaa, oke abaikan hanya intermezzo. Penggunaan Ring pada lovebird fungsinya bukan hanya untuk gaya dan juga untuk mempercantik penampilannya saja tapi tentu fungsi utamanya untuk memberikan identitas breeding pada lovebird anda. Tidak bisa dipungkuri anda selalu bangga menjajakan burung lovebird anda saat di lapangan kontes jika faktanya burung yang anda miliki dapat anda beli dari ring yang berkualitas dan ring yang sudah terkenal orbitkan lovebird juara.

Pesona breeding dengan nama breeding yang sudah terkenal membuat anda dengan percaya diri membawa lovebird anda dan tidak jarang jika harganya mahal anda juga akan dengan refleks menceritakan harga anakan yang anda beli dari breeder tersebut dan hal yang terakhir anda memperlihatkan ringnya. Atau anda termasuk golongan orang yang seperti saya, saat berada di lapangan kontes ketika melihat burung ada ring dikakinya maka akan dengan otomatis kepo menanyakan asal-usul burung tersebut? Jadi anda termasuk yang mana? Dengan fenomena yang saya gambarkan barusan itu sudah menjadi bukti bahwa burung yang menggunakan ring akan lebih menarik hati dan membuat penasaran, lebih jauhnya ketika sudah anda ketahui nama ring yang ada di kaki burungnya maka kepo anda akan dilanjutkan dengan melihat performanya saat di gantang.

Jika sudah melihat ring dan juga performanya di lapangan kontes maka jika burung itu jelek dan tidak moncer anda sudah dengan otomatis menilai burung dari ring tersebut jelek dan jika bagus maka saya jamin anda akan menanyakan kontak dari breeding yang mengorbitkan ring tersebut. Iya itu anda dan termasuk saya juga. Jadi ring bukan hanya pemanis kaki lovebird tapi juga citra dari seorang breeder. Lewat ring yang bagus kita bisa menjual anakan hingga jutaan rupiah, lewat ring juga biasanya kita akan di kenal oleh banyak penghobi jadi intinya ring itu penting maka dari itu mari sekarang kita pelajari cara memakaikan ring yang baik dan benar.
  1. Untuk memasang ring yang ukurannya kecil maka tidak akan bisa jika dipasang saat lovebird anda dalam kondisi yang sudah dewasa. Pasang ring burung sebaiknya dilakukan saat burung anda masih berusia 1-2 minggu, masih anakan biar lebih mudah.
  2. Saat akan dipasangkan ring usahakan burung anda dalam keadaan yang relax dan tenang, jangan sampai saat dipasangkan lovebird anda galak dan berontak maka akan melukai kaki lovebird anda. Jika perlu pijatlah terlebih dahulu kakinya saat akan dipasangkan ring dan bisa juga sebelum dipasangkan ring anda oleskan dulu salep terbaru untuk kaki burung anda yang diperoduksi oleh Ebod Jaya yaitu BIO CLEAN, selain bisa mengatasi cedera kaki seperti kaki terkena bakteri dan lecet bisa juga untuk mencegah penyakit kaki pada burung.
  3. Jika tidak bisa dipasang saya peringatkan jangan dipaksakan karena kemungkinan terbesarnya kaki burung anda akan patah, tunggulah beberapa saat agar burung anda tenang dan jika belum berhasil juga bisa dicoba dihari berikutnya.
  4. Jika tidak bisa juga setelah anda coba sebaiknya serahkan pada ahlinya saja, jangan memaksakan sendiri karena jika dicoba dan dipaksa burung anda bisa cacat. Buat anak ko coba-coba.
Empat hal dasar diatas saat akan memasangkan ring sudah saya berikan dan sekarang tinggal cara pemasangannya, cermati caranya sebelum anda memulai melakukannya.
  1. Masukan ring dari ujung 2 jari dan jari dibagian belakang diarahkan untuk perlahan bisa masuk juga. Jadi bisa secara perlahan ring dimasukan dulu dari jari depan kemudian yang belakang menyusul.
  2. Jika tidak berhasil dengan cara yang pertama anda bisa lakukan dengan cara ini, masukan semuanya ketiga jari lovebird anda secara perlahan saja jangan dipaksa sambil pijat kaki burung lovebird anda biar lemas dan tenang.
Cara pemasangan cincin / ring pada burung lainnya juga sama saja karena memang pada dasarnya jari burung anda memang ada tiga. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Bagi penangkar atau peternak (breeder)  burung, memasang ring kode menjadi "kewajiban" yang harus dilakukan. Ring kode bukan sekadar menunjukkan bahwa burung yang memakainya adalah hasil budidaya manusia, bukan tangkapan hutan, melainkan juga sebagai identitas siapa peternak atau penangkarnya. Berdasarkan pengalaman para breeder, ada empat masalah umum saat burung dipasangi ring kode.

Sebagai contoh Ring kode pada burung kenari. Ring biasanya mulai dipasang saat anakan burung berusia 5- 11 hari. Namun, dalam perkembangannya, ring ternyata bisa memunculkan beberapa masalah tersendiri. Artikel kali ini dimaksudkan agar para penangkar burung tak pernah mengalaminua. Pemasangan ring diperlukan untuk proses identifikasi burung tersebut. Sebab dalam ring tertera beberapa angka dan kode khusus yang bisa bermakna nama penangkar, atau bisa juga dilengkapi nomor kandang dan identitas lainnya. Dalam pemasangannya, ada beberapa hal yang perlu menjadi perhatian para penangkar. Sebab tidak jarang muncul masalah baru terkait pemasangan ring pada anakan burung, antara lain:

  • Pemasangan ring yang terlambat.
  • Luka atau cedera ketika memasang ring.
  • Induk membuang anaknya yang memakai ring. 
  • Ring tersangkut, sehingga membahayakan burung.
Kita bahas satu-persatu.

1. Pemasangan ring yang terlambat

Umumnya ring mulai dipasang pada kaki burung saat masih berusia 12 – 15 hari (tergatung jenis burung). Saat itulah kaki anakan burung masih lentur, sehingga tidak akan menyulitkan kita dalam memasang ring kode. 


Pemasangan ring bisa dilakukan pada anakan burung umur 12-15 hari. Setelah anakan berusia lebih dari 12 – 15 hari, kakinya akan tumbuh dan berkembang menjadi kaku dengan telapak yang membesar. Pada usia itulah, ring terkadang tidak muat ketika dipasang, dan jari kaki yang menghadap ke belakang tidak selentur ketika masih berusia berusia di bawah 11 hari. Dalam beberapa kasus, pemasangan ring yang dipaksakan bisa mencederai kaki burung. Bahkan jari kaki belakang yang kaku tadi akan patah atau berubah posisi (bengkok) saat dipasangi ring. Akibatnya, burung mengalami cacat kaki sampai dewasa. Akhir-akhir ini, di pasaran banyak beredar burung trotolan hasil tangkapan hutan yang dipasangi ring dan tak jelas asal-usulnya. Burung-burung ini umumnya mengalami cacat atau luka di bagian kakinya, karena pemasangannya jelas tidak tepat waktu dan / atau sedikit dipaksakan. Karena itu, jika Anda mau membeli burung dan kebetulan sudah terpasang ring kode, disarankan untuk memeriksa kaki-kaki burung secara lebih cermat. Solusi burung cepat bertelur dan produksi, klik disini.







Menerima pesanan  ring burung LASER - Rp. 170.000,- dapet 100 buah ring - hubungi arif boyolali 085713110002 / BBM 59AB92E yang dekat free ongkir.


 
2. Luka atau cedera ketika memasang ring

Luka atau cedera pada kaki tidak hanya bisa dialami burung yang terlambat dipasangi ring. Banyak kasus kaki burung terluka akibat pemasangan ring yang kurang tepat, atau tidak sesuai dengan petunjuk yang selama ini berlaku. Ketika mau memasang ring, jari kaki belakang sebaiknya ditekuk ke atas untuk memudahkan ring melewatinya. Pada usia yang masih sangat muda, jari kaki belakang anakan burung masih lentur / tidak kaku, sehingga akan memudahkan proses tersebut. Beberapa penangkar pemula kerap mengeluh, kaki anakan burung cedera setelah dipasangi ring. Hal ini karena proses pemasangan ring yang salah. Misalnya menekuk semua jari kaki ke depan saat memasukkan ring, dan memaksakannya masuk dengan menggunakan minyak kelapa atau bahan pelicin lainnya.

3. Induk membuang anaknya yang memakai ring

Masalah lain adalah induk malah membuang anaknya yang telah dipasangi ring. Induk seperti ini akan menganggap ring yang dipakai anaknya bisa membahayakan dirinya, juga anak-anaknya yang lain, sehingga berusaha menyingkirkannya dari sarang. Kalau itu terjadi, sebaiknya Anda jangan panik. Sebab hal itu cukup wajar, karena induk merasa kaget melihat kode ring pada kaki anaknya. Solusinya, masukkan saja anaknya itu ke dalam sarangnya, dan jangan lupa taburkan beberapa biji-bijian ke dasar sarang. Induk biasanya akan selalu menjaga kebersihan sarangnya. Dengan memasukkan beberapa bijian, maka induk biasanya akan melupakan anaknya yang memakai ring, karena sibuk membuang sampah, he.. he.. he…

4. Ring tersangkut, sehingga membahayakan burung

Ring kode yang dikenakan pada kaki burung seharusnya bersifat fleksibel dan tidak menghambat aktivitas burung yang mengenakannya. Ring harus bisa bergerak dan selalu berada di bawah, karena hal itulah yang membuat burung merasa nyaman.

Ring yang tersangkut, Namun ketika ring tersangkut di bagian atas kakinya, tanpa disadari, pertumbuhan burung akan membuat ring makin sulit digeser / dilepaskan. Alhasil, burung mengalami kesakitan dan aktivtasnya terhambat. Beberapa penyebab dari ring yang tersangkut antara lain:
  • Ukuran ring kurang tepat. Ukuran yang kurang tepat / terlalu kecil (meski saat pemasangan ring dapat bergerak bebas) bisa menyebabkan ring tersangkut, ketika burung tumbuh dewasa. Jadi, perhatikan jenis dan ukuran ring yang sesuai untuk burung yang menggunakannya. 
  • Kurang mendapat perhatian pemilik. Anakan burung sering dalam posisi bungkuk atau kaki diselenjorkan ketika berada di dalam sarang. Dalam posisi seperti itu, ring sering berubah posisi dan tersangkut pada bagian atas atau sendi kakinya. Jika pemilik jarang melakukan inspeksi, ring tetap berada pada posisinya dan menyangkut di sana sampai harus dikeluarkan dengan cara memotongnya.
Untuk mengatasi ring yang tersangkut pada kaki burung, cara yang bisa dilakukan adalah memaksa ring bergeser dari posisinya, dengan menggunakan minyak pelicin dan obat merah. Namun jika setelah beberapa waktu ring tersangkut lagi, maka Anda harus memotongnya dengan cara seperti disebutkan dalam tulisan berikut ini:

Sebagai penangkar, sebaiknya seringlah mengontrol kondisi anak burung, setidaknya beberapa kali dalam seminggu. Ini untuk mencegah kemungkinan terjadinya ring yang menyangkut pada kaki burung. Itulah beberapa hal yang berkaitan dengan pemasangan ring pada burung yang perlu menjadi perhatian, terutama bagi penangkar pemula.

 

Cara memotong ring atau cincin burung

Memotong cincin atau ring burung: cari alat yang tepat dan lebih penting lagi adalah "caranya" Dalam kondisi tertentu, misalnya kaki burung timbul kerak atau membesar, maka cincin atau ring burung hasil penangkaran akan menimbulkan gangguan yang serius. Oleh karena itu ring seperti itu harus dipotong. Sementara itu khusus untuk burung kenari yang becincin logam, biasanya juga saya potong. Mengapa? Ring logam akan menyebabkan kenari berjingkat-jingkat ketika dijemur lama karena logam menyerap panas dan membuat kenari kepanasan (padahal kenari adalah pemakan biji yang perlu dijemur relatif lebih lama ketimbang burung non-pemakan biji).


Kadang juga karena ring kedodoran, biasanya saya potong. Jika ring di kaki kenari terlalu longgar, ring atau cincin akan selalu turun dan mendesak/menekan pangkal atas jari2 kenari ke arah bawah dan menyebabkan jari-jari kenari tidak bisa mencengkeram kuat di tangkringan. Akibatnya, dalam jangka panjang bisa membuat burung invalid (cacat). Dalam memotong cincin atau ring burung ini tidak boleh asal-asalan. Sebab, kecerobohan bisa berakibat fatal pada kaki burung. Nah, pemotongan cincin atau ring bisa memakai tang pemotong kawat


Biasa jika ring berbahan logam tipis. Kalau tebal, penggunaan tang tidak akan bisa kecuali kaki burung akan ikut terpotong juga… Ada teman di forum kicaumania.org mengatakan pemotongan bisa dilakukan menggunakan gergaji besi. Namun, saya tidak yakin kalau ada orang yang pernah melakukannya secara berhasil. Sebab, posisi pemotongan dengan gergaji besi untuk cincin atau ring burung sangat tidak memungkinkan. Lagian, kalau yang dipotong adalah ring yang diproduksi pembuat ring pada umumnya yang biasanya relatif tebal, maka pemotongan pun perlu dilakukan pada dua sisi cincin. Dengan cara itu ring atau cincin nanti akan terbelah jadi dua dan bukan sekadar terbuka-paksa dengan dua tang (prakteknya sulit membuka ring yang hanya terpotong satu bagian meski dengan menggunakan dua tang).


Kalau memang bisa dilakukan dengan cara itu, maka bisa dipastikan ring tersebut tidak dibuat khusus untuk burung hasil penangkaran dan pasti dibuat dari logam lembek (aluminimum misalnya). Nah, memotong ring yang terbuat dari logam lembek tidak perlu digergaji atau dipotong dua bagian. Cukup dengan tang pemotong kawat, bisa putus.
Cara pemotongan .Nah bagaimana memotong cincin atau ring burung yang benar? Alat apa yang digunakan untuk memotong ring? Berdasar pengalaman selama ini, tidak ada alat lain yang seefektif kikir besi untuk memotong logam cincin burung. Tetapi apa pun alatnya, yang lebih penting lagi adalah caranya. Kalau ring atau cincin burung longgar, tarik ring ke atas dulu, kemudian kaki burung diplester melingkar. Kemudian turunkan ring pada posisi semula (di sebelah luar kaki yang sudah diplester). Setelah itu rekatkan lagi plester di kaki burung pada bagian atas dan bawah ring. Tujuan pemlesteran ini adalah melindungi kaki burung dari kemungkinan kikir meleset ketika digesek-gesekkan nanti.


Jika ring ketat menempel di kaki sehingga tidak menyisakan ruang untuk pemasangan plester di antara ring dan kaki burung, maka pasangkan melingkar saja plester di bagian atas dan bawah ring. Langkah berikutnya adalah pegang burung dan letakkan kaki burung pada jari kita dengan posisi sedemikian rupa sehingga bagian ring menghadap ke posisi paling mudah bagi kita untuk menggeser-geserkan kikir. Geser-geserkan kikir searah kaki burung (arah menyilang/potong ring) pada bagian yang sudah kita pilih. Lakukan hal itu tidak secara marathon. Artinya, kalau dalam waktu satu menit ring belum putus, berhenti dulu. Kalau Anda lanjutkan, bisa2 kaki burung jadi setengah matang karena ring yang digesek kikir terus-menerus akan menjadi panas. Kalau perlu, tetesi ring dengan air. Setelah dingin, lanjutkan lagi gesek kikirnya.


Setelah satu sisi ring putus, lakukan hal yang sama untuk sisi sebaliknya. Sebab, kalau yang putus hanya satu sisi, tetap saja tidak akan bisa dibuka dengan mudah dengan tang atau alat apapun tanpa menimbulkan risiko besar tergoresnya kaki burung atau pecahnya tulang kaki burung. Nah setelah satu sisi lain putus, ya sudah, lepaslah ring dari kaki burung. Sepertinya masalah memotong ring di kaki burung adalah permasalahn sepele. Tetapi jika Anda tidak tahu caranya, atau sekadar mengira-ngira saja cara memotongnya, ya tidak mengherankan kalau akan timbul risiko yang sangat tidak kita harapkan. Semoga beramanfat. 

Tips. Untuk mengurangi dan menghilangkan tumbuhnya virus dan penyakit pada burung anda. Sering - seringlah semprot kandang , inkubator , sarang lolohan untuk piyik dan lingkungan sekitar burung / kandang menggunakan antisep, antiseptik, beli antisep yang tidak begitu berbahaya, beli yang aman jika terkena pakan ataupun burung itu sendiri. Supaya burung tidak kedinginan dan kandang tidak menjadi lembab, semprotlah pada saat cuaca sedang panas
Monggo yang masih membutuhkan dan semoga masih bisa memberi manfaat. Sekian informasinya semoga bermanfaat. Barakallah semoga dimudahkan penangkarannya_ sukses dan sehat selalu untuk kita semua... Aamiin. Tetap kompak dan semangat. Salam sukses dan salam burung sehat dari saya  _arif maulana *Gojayan- bird farm* - klaten - jawa tengah - indonesia "klaten kota penangkar". 

Informasi. Pakan HF / Hand Feeding (meloloh anakan/piyik burung oleh manusia). Pakan lolohan untuk indukan dan anakan lovebird , kenari, blackthroat, sun conure dan pemakan biji - bijian lainnya dengan harga paling ekonomis dan juga sangat aman. Informasi pembelian sms / WA di: 08562890080 

GOJAYAN BIRD SHOP, Menyediakan segala kebutuhan pertanian dan ternak anda, pakan, obat - obatan, vitamin, kandang dll. Silahkan hub di nomer WA. 08562890080. Bisa kirim - kirim kemana aja.   

Yuk diintips dagangan lovebirdnya klik disini yaaa 
  1. Cara memasang gelang ring pada anakan burung_ 
  2. Mengenaal lovebird semi klep / blorok_ 
  3. Manfaat biji - bijian untuk burung cantik lovebird_ 
  4. Sejarah lovebird_ 
  5. Karyawan kantoran dengan 40 pasang lovebird_ 
  6. Cara mengurangi resiko kematian saat meloloh anakan lovebird. Hand Feeding (meloloh anakan/piyik burung oleh manusia)_ 
  7. Cara mengatasi sisa makan pada tembolok lovebird saat meloloh anakan lovebird. Hand Feeding (meloloh anakan/piyik burung oleh manusia)_ 
  8. Cara membuat CD/CeDe pakan tambahan untuk burung lovebird dan kenari_ 
  9. Batu bata merah bisa menggantikan tulang sotong untuk asinan pada burung lovebird_ 
  10. Cara membedakan jenis kelamin lovebird _sexing lovebird_ 
  11. Cara membuat sarang alami untuk burung lovebird_ 
  12. Cara meracik pakan untuk meloloh anakan burung lovebird. Hand Feeding (meloloh anakan/piyik burung oleh manusia)_ 
  13. Warna – warna lovebird yang masih lumayan mahal harganya_ 
  14. Godong herbal_ jual beli obat herbal komplit harga grosir, keaslian produk dan kwalitas terjamin_ 
  15. Solusi mengatasi burung lovebird yang terkena sesak sapas atau asma_ 
  16. Penyakit diare atau mencret pada lovebird_ 
  17. Mengatasi penyakit pada burung lovebird
  18. Mengenal berbagai macam burung finch, blackthroat, mozambik, sanger, emprit jepang dll_ 
  19. Jualan - jualan burung. Diintip yuk jualan burungnya_ 
  20. Pakan lolohan untuk indukan dan anakan burung lovebird, kenari dll, dengan harga paling ekonomis dan juga sangat aman_ 





Gojayan bird farm

Klaten - Jawa Tengah - Indonesia
HP - Wa - 0 8 5 6 2 8 9 0 0 8 0































BELI PAKAN TOLEE SEKARANG!!! 

Anakan burung lebih sehat , CEPAT GEDE, cepat besar dan bongsor, MEMPERKUAT TULANG ANAKAN BURUNG , bulu tumbuh lebih rapi dan mengkilat , MUDAH DICERNA, tidak lengket dan TIDAK MENGENDAP DITEMBOLOK.

SMS / WA : 0 8 5 6 2 8 900 8 0
 






















BELI PAKAN TOLEE SEKARANG!!! 

Anakan burung lebih sehat , CEPAT GEDE, cepat besar dan bongsor, MEMPERKUAT TULANG ANAKAN BURUNG , bulu tumbuh lebih rapi dan mengkilat , MUDAH DICERNA, tidak lengket dan TIDAK MENGENDAP DITEMBOLOK.

SMS / WA : 0 8 5 6 2 8 900 8 0 








BELI PAKAN TOLEE SEKARANG!!! 

Anakan burung lebih sehat , CEPAT GEDE, cepat besar dan bongsor, MEMPERKUAT TULANG ANAKAN BURUNG , bulu tumbuh lebih rapi dan mengkilat , MUDAH DICERNA, tidak lengket dan TIDAK MENGENDAP DITEMBOLOK.

SMS / WA : 0 8 5 6 2 8 900 8 0











BELI PAKAN HF / LOLOHAN TOLEE SEKARANG!!! 
Anakan burung lebih sehat , CEPAT GEDE, cepat besar dan bongsor, MEMPERKUAT TULANG ANAKAN BURUNG , bulu tumbuh lebih rapi dan mengkilat , MUDAH DICERNA, tidak lengket dan TIDAK MENGENDAP DITEMBOLOK.
SMS / WA : 0 8 5 6 2 8 900 8 0






































No comments:

Post a Comment