Wednesday, October 12, 2016

Solusi mengatasi burung lovebird yang terkena sesak napas atau asma –







Lovebird merupakan salah satu jenis burung kicau yang paling digemari di Indonesia. Tak heran, banyak orang yang memelihara bahkan menternak burung lovebird untuk dijual. Namun, pasti ada segala macam hambatan yang bisa menghalangi seseorang untuk sukses berternak lovebird. Salah satu masalah yang sering terjadi ialah burung lovebird terserang penyakit, dan beberapa penyakit yang sering menyerang lovebird diantaranya ialah sesak nafas dan diare (mencret). Sebagai peternak, Anda wajib tahu berbagai penyebab serta solusi untuk mengobati lovebird yang terserang penyakit sesak nafas. Bagaimana ciri-ciri lovebird yang sakit sesak nafas, serta bagaimana cara mengobati lovebird yang terserang penyakit tersebut? Berikut ulasannya.

Tak hanya manusia, lovebird juga bisa terserang penyakit gangguan pernafasan, atau sesak nafas. Penyakit sesak nafas pada kenari ini disebabkan oleh serangan virus sejenis Mycoplasma gallisepticcum dan bakteri E. coli sehingga menyebabkan infeksi pada saluran pernafasan burung lovebird. Lovebird yang sudah terjangkit sesak nafas bisa disembuhkan jika segera ditangani. Namun, jika penanganannya terlambat, penyakit ini susah untuk disembuhkan sehingga lama kelamaan burung lovebird akan mati.

Sesak nafas pada lovebird juga semakin berbahaya karena bisa menular ke lovebird lain yang masih sehat. Bagaimana cara penularannya? Sesak nafas bisa ditularkan melalui kontak langsung antara lovebird yang sesak nafas dengan lovebird yang sehat, misalnya melalui proses perjodohan, atau saat kedua indukan sedang meloloh anakan secara bergantian. Anakan lovebird juga bisa tertular sesak nafas saat indukan lovebird i yang terinfeksi meloloh mereka. Penyakit sesak nafas pada lovebird juga bisa menular melalui pakan, minuman, serta melalui kotoran yang dikeluarkan oleh kenari yang telah terinfeksi gangguan pernafasan. Bagaimana gejala lovebird yang terserang penyakit sesak nafas? Tanda-tandanya, lovebird tersebut terlihat kesulitan bernafas, sering bersin, hidung lovebird berlendir, serta burung lovebird tidak aktif bergerak seperti biasanya.

Kalau burung Sesak Nafas di karena akibat dari cuaca dingin ataupun yang lainnya serta bisa berakibat nada serak atau bahkan hilang dan hingga mengakibatkan gejala awalnya paruh sedikit terbuka serta ditambah bersin-bersin dan nafsu makan menurun tapi tidak sedikit minum keadaan ini dapat beresiko pada kematian. oleh sebab itu kita harus mencari Solusi dari Penyebab burung sesak nafas  Tapi, berdasar tanda-tanda di atas ada barangkali burung terkena psittacosis/bronchitis infeksiosa/radang saluran nafas/asma paru. maka dari itu pula kita harus bisa Mengatasi Burung Yang Terkena Sesak Napas supaya tida terlambat dalam hal pencegahannya dan penanggulangannya.

Solusi Mengatasi Burung Yang Terkena Sesak Napas. Dalam kesempatan kali ini saya akan membahas tentang Solusi Mengatasi Burung Yang Terkena Sesak Napas  agar supaya bisa di atasi dengan melaksanakan hal seperti di bawah ini :


  1. Dengan lihat lingkungan kira kira. Hujan deras, angin kencang, ada renovasi bangunan maka tidak sedikit debu hingga cat serta mandi terlampau lama ataupun hawa pengap atau panas sert juga kurungan di gantang terlalu dekat dengan atap dsb akan menyebabkan burung stres hingga sampai sesak nafas.
  2. Tutup kurungan pada 3 segi bersama kain atau kertas koran sbg selimut buat melindungi dari angin hingga hawa dingin. Hangatkan lingkungan bersama lampu atau penghangat ruang maka suhu berada kira kira 32-35°C.
  3. Ambil cawan berisi air hangat dan letakkan di sudut kurungan yang tak tertutup. Tambahkan minyak angin ke dalam cawan supaya uapnya terhisap oleh burung maka berlangsung pemekaran saluran nafas.
  4. Sesudah gejala sesak nafas hilang, hisap lendir di celah mulut hingga pada palatumnya bersama memanfaatkan kapas yang steril, serta di sektor lubang hidung. kemudian baru teteskan madu atau air oralit maka burung dapat mendapatkan energi.
  5. Akan pula diberikan pemberian madu, lantaran madu mengandung tidak sedikit energi, vitamin hingga mineral juga sangat enteng dicerna. Tapi, hati-hati penanganan yang salah bakal menyebabkan burung mati. Seperti cara memegang burung yang salah dan bisa pula di kala saat pemberiannya. Dalam kondisi sulit bernafas, kalau bidang dada didekap atau di genggam dan sehingga kesusahan bernafas dapat makin parah di dalam mulut atau jalan nafasnya bisa jadi terdapat lendir yang menghambat jalan nafasnya. Dalam kondisi seperti ini, jikalau di tetesi madu atau cairan lain yang kental dapat menambah gangguan dalam mulut dan pada saluran pernafasan.

Tanda pertama yang harus kita kenali adalah saat lovebird kesayangan kita kehilangan nafsu makan, kita harus peka dan sering lihat isi wadah pakan jika pakannya tidak berkurang itu bisa saja lovebird kita kehilangan nafsu makan. Tanda yang kedua adalah dari kotoran lovebird, bisanya lebih encer dan sangat cair seperti air saja, itu juga bisa jadi tanda-tanda lovebird kita sakit. Jika kotorannya encer banget bisanya lovebird kita sakit perut dan itu bisa dipicu dari pakan yang tidak cocok dan kurang baik untuk pencernaan lovebird. EBOD LOVEBIRD bisa kalian gunakan untuk pakan harian lovebird, EBOD LOVEBIRD sangat aman digunakan untuk lovebird kita karena dari biji-bijian yang berkualitas dan cocok untuk .

Ciri selanjutnya untuk mengenali kovebird kita sakit saat lovebird mencabuti bulunya sendiri, ini tanda-tanda lovebird kita sakit dan strees. Saat lovebird kita mencabuti bulunya sendiri bukan hanya strees saja tapi bisa jadi karena ada kutu dibadannya, jadi Ronggolawers bisa menggunakan SHAMPO JATI JAJAR saat memandikan lovebird kesayangan kita, cukup dicampurkan saja dengan air yang akan disemprotkan.

Ciri berikutnya menuntut kita untuk lebih peka lagi, kenali pola tidur lovebird kita. Jika lovebird kita tidurnya dengan meneyelipkan kepala kedalam sayap atau kepalanya dipalingkan ke arah sayap dengan kelopak mata yang tidak tertutup sepenuhnya itu tandanya lovebird kita sakit flu atau panas dingin. Di artikel berikutnya saya akan bahas cara mengatasi lovebird flu jadi ditunggu ya, tapi sebelumnya kita lanjutkan dulu kenali ciri-ciri lovebird yang sakit
.
Ciri yang terakhir yang saya akan bagi adalah ketika lovebird kita minumnya sangat banyak atau lebih banyak dari biasanya. Lovebird yang banyak minum ternyata bukan baik untuk lovebird kita malah sebaliknya itu merupakan ciri-ciri lovebird kita sakit.

Hal ini pernah pula ditanyakan seorang penghobi burung kepada Drh Dharmojono seperti termuat dalam buku “Aneka Permasalahan Burung dan Ayam Hias” (terbitan Penebar Swadaya). Si dokter hewan senior ini menjawab bahwa beliau tidak bisa menentukan secara persis penyebab burung sesak nafas karena diperlukan pengujian-pengujian seperti ingus, feses dan otopsi. Namun demikian, berdasar tanda-tanda yang diceritakan pemilik burung, dokter hewan mengatakan ada kemungkinan burung terkena psitacosis atau bronchitis infeksiosa (radang saluran nafas) atau bisa juga asma paru (asthma bronchiale). Kedua penyakit pertama menular sedangkan yang ketiga tidak menular karena hanya karena alergi. Tanda penyakit yaitu jika burung Anda mengalami hal seperti itu, maka coba perhatikan lingkungan Anda akhir-akhir ini, hujan deras, angin kencang, ada renovasi bangunan sehingga banyak debu dan cat, mandi atau dimandikan secara berlama-lama (tidak segera dikeringkan), keadaan udara pengap atau atau panas, serta kurungan digantang terlalu dekat dengan atap dan sebagainya. Semua hal tersebut dapat menyebabkan stres yang kebetulan diperlihatkan sebagai asma.

Dalam kondisi seperti ini, pemberian madu dan sebagainya memang tidak salah karena madu mengandung banyak energi, vitamin dan mineral serta mudah dicerna. Hanya penanganan salah menyebabkan burung mati. Penanganan salah bisa dalam cara memegang burung dan bisa juga waktu pemberiannya. Dalam keadaan susah bernafas, apabila bagian dada didekap atau digenggam, maka kesulitan bernafas akan semakin parah. Di dalam mulut atau jalan nafasnya mungkin terdapat lendir yang menghambat jalan nafasnya. Dalam keadaan seperti ini, apabila ditetesi madu atau cairan lain yang kental, akan menambah hambatan dalam mulut dan jalan pernafasan.

Pengobatan burung sakit dengan gejala sesak nafas dan sebagainya memang tidak bisa dilakukan sembarangan. Anda perlu mendatangi dokter hewan. Namun jika memang tidak ada dokter hewan di sekitar Anda, minimal harus dilakukan sejumlah penanganan sesuai sakitnya. Celakanya memang, hampir semua penyakit burung mempunyai gejala-gejala klinis yang sangat mirip atau tidak bersifat khas. Penentuan penyakit yang pasti hanya dapat ditentukan melalui pemeriksaan laboratorium. Kalau tidak ada dokter hewan juga tidak ada laboratorium, maka yang perlu Anda lakukan adalah memberikan antibiotik. Lantas antibiotik seperti apa yang harus kita berikan.

Sebelum saya berbicara mengenai antibiotik, mohon Anda memahami dulu tulisan saya sebelumnya tentang Ketika antibiotik pun angkat tangan hadapi penyakit burung, Anda mau bilang apa? Dengan membaca artikel itu, Anda bisa mengetahui seberapa jauh manfaat atau efek antibiotik dalam mengatasi burung sakit. Kalau Anda sedang ogah membacanya, ya saya sebutkan saja langsung antibiotik yang biasanya mudah didapat di manapun dan persiapan umum menangani burung sakit:

  1. Isosalikan burung. Lakukan tindakan sanitasi dan higiene kandang serta peralatannya untuk menghindari berulangnya infeksi kuman.
  2. Dalam minuman atau makanan bubuhkan BirdBlown atau BirdTwitter selama 7-10 hari, dengan dosis dan cara pemakaiannya mengikuti petunjuk pemakaian obat yang Anda pakai.
  3. Tambahkan vitamin dan mineral dalam makanan atau air minumnya (misalnya BirdVit).

Jika tindakan tersebut sudah Anda lakukan tetapi burung Anda tidak tertolong, maka kita harus merelakannya. Yang penting kita sudah melakukan hal terbaik untuk burung-burung kita. Burung Flu? Atasi Dengan Nafas 2. Sobat kicaukan tentu anda tidak pernah berharap burung kicau jagoan anda sakit. Karena burung yang sakit tentu tidak akan gacor lagi, banyak diam, dan kalau tidak segera diobati bisa menyebabkan kematian. Untuk itu setiap ada gejala penyakit pada burung kicau anda, segeralah mengambil tindakan dengan cara mengobatinya. Salah satu penyakit yang sering dialami oleh burung kicau adalah flu. Pada kesempatan sebelumnya kami sudah berbagi tips tentang perawatan burung saat flu. Nah agar penyembuhannya lebih cepat tentu anda membutuhkan obat khusus agar flu segera hilang. Salah satu obat flu yang ampuh mengobati flu adalah Nafas 2. Nafas 2 adalah obat yang dibuat oleh dokter hewan (burung) yang sudah sangat berpengalaman, yaitu drh. Edi Boedi Santosa MP. Obat Flu Nafas 2 ini dibuat dengan formula khusus untuk mengobati burung flu dan aneka macam penyakit pernafasan lainnya.

BURUNG FLU ATASI DENGAN NAFAS 2
Nafas 2 ini adalah obat yang dibuat untuk obat flu bagi semua jenis burung kicau, seperti kenari, tledekan, kacer, MB, dan lain sebagainya. Sebagai informasi, burung yang terkena flu akan mengalami gejala-gejala seperti berikut :

  • Nafas burung tidak lancar (biasanya disertai bunyi)
  • Burung sering bersin-bersin dan batuk.
  • Pada lubang hidung mengeluarkan cairan.
  • Mata terlihat sayu (tidak melek) dan berair.
  • Burung terlihat lemash, lesu, dan kedinginan (nyekukruk).
  • Nafsu makan berkurang.
  • Saat hujan turun burung mengembangkan bulunya (megrok).
Nah jika burung kicau anda memiliki gejala yang sama dengan poin-poin di atas, maka segeralah obati dengan nafas 2. Jika kita terlambat mengobati atau bahkan tidak mengobatinya, maka kemungkinan terburuk bisa terjadi.

Kandungan Dan Manfaat Nafas 2

Obat flu Nafas 2 ini mengandung antibiotik yang sangat ampuh membunuh mikroba yang menyebabkan flu pada burung kicau anda. Nafas 2 juga memiliki manfaat lain di antaranya sebagai berikut :

  • Mengatasi penyakit nafas kronis pada burung kicau.
  • Mengatasi penyakit asma pada burung kicau.
  • Mengatasi pilek dan flu pada burung kicau.
  • Mengatasi batuk-batuk pada burung kicau.
  • Mengatasi burung yang mengeluarkan lendir/ingus dari hidung.


Bagaimana Cara Menggunakan Nafas 2?
Nah untuk mengobati burung kicau yang terkena flu atau penyakit nafas lainnya, ada tata cara yang bisa anda lakukan, yaitu sebagai berikut :

  • Pertama, isi botol dengan air masak/matang 3/4 dari ukuran botol (sampai leher botol)
  • Setelah itu kocok dulu berkali-kali. Tujuannya agar obat larut bersama air.
  • Kemudian teteskan pada bagian mulut burung, melalui samping paruh.
  • Lakukan sebanyak 3 kali sehari selama 5 hari berturut-turut.
  • Untuk burung kenari dan tledekan, berikan masing-masing 2 tetes.
  • Untuk burung kicau selain kenari dan tledekan, berikan masing-masing 3 tetes.
  • Obat yang sudah dicampur dengan air hanya bisa bertahan selama 2 minggu.
  • Atau berdasarkan para peternak yang sudah berpengalaman, Anda bisa memberi obat khusus burung yang bernama “Nafas 1” yang sengaja dibuat untuk mengobati berbagai burung yang mengalami sesak nafas atau gangguan pernafasan. Obat “Nafas 1” tersebut mengandung zat antibiotik yang bisa membunuh mikroorganisme yang menyerang saluran pernafasan kenari. Untuk cara pengobatan menggunakan obat “Nafas 1”, Anda bisa meneteskan obat ini satu kali diantara bagian leher dan punggung kenari di malam hari. Obat ini akan diserap oleh pori-pori kulit kenari dan bisa membunuh mikroorganisme berbahaya yang menyerang lovebird.

 Lendir yang keluar dan menumpuk dari sumber infeksi saluran pernapasan burung adalah penyebab utama burung sesak napas. Pada saat Anda melakukan pengobatan terhadap seumber infeksi, Anda juga harus membantu burung untuk bisa tetap bernapas dengan lancar. Bagaimana cara mengobati sumber infeksinya dan bagaimana pula membantu melonggarkan saluran pernapasan yang tersumbat lendir?

Kalau Anda pilek dan terasa sesak bernapas, Anda bisa mengoles-oleskan minyak angin di bawah hidung atau di atas bibir untuk mencairkan lendir yang menghambat saluran pernapasan yang buntet. Ada juga cara lain yang bisa Anda lakukan, yakni dengan menghisap obat hisap pelonggar napas (inhaler). Nah untuk burung, tentu tidak dengan cara demikian. Lantas bagaimana? Untuk masalah ini, simak saja tanya jawab seorang penghobi burung yang berkonsultasi dengan Drh Dharmojono, konsultan kesehatan hewan peliharaan Majalah Infovet, sebagai berikut:

Tanya:
Pak Dokter, saya baru saja kehilangan (karena mati) seekor cucakrawa. Padahal burung ini sangat rajin bernyanyi, terutama bila saya duduk di dekatnya. Saya lihat sebelumnya si Cocor (nama burung) meringkuk seperti kedinginan, suaranya parau, mulut sering dibuka dan sesak napas (megap-megap), ditambah sedikit bersin. Nafsu makannya hilang, tetapi cukup banyak minum. Karena takut kehabisan tenaga maka saya beri madu, tetapi beberapa menit kemudian malah mati. Pak dokter, saya takut kejadian tersebut terulang kembali karena saya masih mempunyai beberapa ekor lagi. Apakah penyakit tersebut menular? Bagaimana cara merawatnya, Dokter. Atas petunjuk Dokter saya ucapkan terima kasih.

Jawab:
Saya turut sedih mendengar musibah yang Anda alami. Mengenai penyebab penyakit si Cocor tentu secara pasti tidak dapat saya tentukan, karena itu butuh pengujian-pengujian seperti ingus, feses, dan autopsi. Jadi, kalau berdasarkan gejala yang tampak mungkin burung tersebut kena penyakit psitacosis atau bronchitis inteksiosa (radang saluran nafas) atau asma paru (asthma bronchiale). Kedua penyakit pertama menular, tetapi penyakit yang terakhir tidak menular karena hanya akibat alergi.

Coba Anda perhatikan lingkungan akhir-akhir ini, hujan deras, angin kencang, ada renovasi bangunan sehingga banyak debu dan cat, mandi atau dimandikan secara berlama-lama (tidak segera dikeringkan), keadaan udara panas atau pengap, serta kurungannya digantungkan terlalu dekat dengan atap. Semua hal tersebut dapat menyebabkan stres yang kebetulan diperlihatkan sebagai asma.
Pemberian madu itu sendiri tidaklah salah karena madu kaya energi, vitamin, dan mineral, serta mudah dicerna. Barangkali yang salah caranya memegang dan waktu pemberian. Dalam keadaan susah bernapas apabila bagian dadanya didekap atau digenggam maka kesulitan bernapas semakin parah. Di dalam mulut atau jalan napasnya mungkin terdapat lendir yang menghambat jalan napasnya. Dalam keadaan seperti itu apabila ditetesi madu kental akan menambah hambatan dalam mulut dan jalan pernapasannya.

Dalam situasi demikian akan lebih baik bila dilakukan tindakan sebagai berikut.

  1. Tutup kurungan (3 sisi) dengan kain atau kertas koran sebagai selimut untuk melindungi dari angin dan udara dingin. Hangatkan lingkungan dengan lampu atau penghangat ruangan sehingga suhu berada sekitar 32-35° C.
  2. Ambil cawan berisi air hangat, letakkan cawan tersebut di sisi kurungan yang tak tertutup. Tambahkan minyak angin (Eucalyptus oil) ke dalam cawan atau vicks agar uapnya terhisap oleh burung sehinggga terjadi pemekaran (dilatasi) saluran napas
  3. Setelah gejala susah napas hilang, coba hisap lendir dicelah mulut dan palatumnya (celah di atap mulut) dengan kapas steril, juga lubang hidungnya (mostril). Setelah itu, baru teteskan madu atau air oralit.
Nah kan, ternyata memang burung pun perlu dibantu untuk melonggarkan sesak napas akibat penggumpalan lendir di saluran pernapasan. Lantas kalau untuk sumber infeksinya sendiri bagaimana? Ya tentu, sebagaimana saya sebutkan di awal tulisan, tentu perlu dilakukan pengobatan. Untuk pengobatan infeksi saluran pernapasan, tentunya memang sulit untuk menentukan kira-kira apa penyebabnya untuk menentukan jenis antibiotiknya. Untuk itulah saya menyarankan penggunaan BirdTwitter untuk penyembuhan infeksi pada saluran pernapasan burung. BirdTwitter mengandung enrofloxacin, sebuah fluoroquinolone antimikroba. BirdTwitter bisa digunakan untuk penyembuhan infeksi akibat gram-negatif maupun gram-positif seperti infeksi yang disebabkan oleh E. coli, Salmonella spp, Pasteurella spp, Bordetella spp, Haemophilus spp, dan Staphylococcus. BirdTwitter juga efektif terhadap Mycoplasma.


Cara Mengobati Lovebird yang Terserang Penyakit Sesak Nafas :

  • Pindahkan lovebird yang sudah terinfeksi ke kandang khusus yang terisolasi sehingga tidak menulari kenari lain yang masih sehat. Jangan lupa obati lovebird terebut dengan obat gangguan pernafasan.
  • Bersihkan semua kandang, tempat pakan, tempat minum, dan sarang dari sisa-sisa pakan serta kotoran yang menempel. Setelah itu, ganti pakan dan minuman lovebird dengan pakan dan minuman yang baru, serta steril. Usahakan beri minuman yang telah direbus terlebih dahulu, atau jika Anda tak ingin repot, Anda bisa memberi air minum kemasan yang terjamin kebersihannya.
  • Jangan lupa klik.. jual lovebird indukan bawa anak dengan harga ringan. klik disini yaa
Mungkin sebagian penghobi ada yang sebelumnya sudah tahu bagaimana caranya mengenali lovebird yang sakit tapi tidak ada salahnya jika kita kenali kembali ciri-ciri lovebird yang sakit, karena ini sangat penting untuk kita jika kita salah mengidentifikasi penyakitnya bisa-bisa burung kesayangan kita mati dan tentunya itu akan membuat kita sangat kecewa. Multifitamin manusia yang sangat bagus untuk vitamin harian burung dan bisa untuk menyembuhkan berbagai penyakit burung 

Tips. Untuk mengurangi dan menghilangkan tumbuhnya virus dan penyakit pada burung anda. Sering - seringlah semprot kandang , inkubator , sarang lolohan untuk piyik dan lingkungan sekitar burung / kandang menggunakan antisep, antiseptik, beli antisep yang tidak begitu berbahaya, beli yang aman jika terkena pakan ataupun burung itu sendiri. Supaya burung tidak kedinginan dan kandang tidak menjadi lembab, semprotlah pada saat cuaca sedang panas
Monggo yang masih membutuhkan dan semoga masih bisa memberi manfaat. Sekian informasinya semoga bermanfaat. Barakallah semoga dimudahkan penangkarannya_ sukses dan sehat selalu untuk kita semua... Aamiin. Tetap kompak dan semangat. Salam sukses dan salam burung sehat dari saya  _arif maulana *Gojayan- bird farm* - klaten - jawa tengah - indonesia "klaten kota penangkar". 

Informasi. Pakan HF / Hand Feeding (meloloh anakan/piyik burung oleh manusia). Pakan lolohan untuk indukan dan anakan lovebird , kenari, blackthroat, sun conure dan pemakan biji - bijian lainnya dengan harga paling ekonomis dan juga sangat aman. Informasi pembelian sms / WA di: 08562890080 

GOJAYAN BIRD SHOP, Menyediakan segala kebutuhan pertanian dan ternak anda, pakan, obat - obatan, vitamin, kandang dll. Silahkan hub di nomer WA. 08562890080. Bisa kirim - kirim kemana aja.   

Yuk diintips dagangan lovebirdnya klik disini yaaa 


 Baca juga masih dunia lovebird dan burung lainnya.
  1. Cara memasang gelang ring pada anakan burung_ 
  2. Mengenaal lovebird semi klep / blorok_ 
  3. Manfaat biji - bijian untuk burung cantik lovebird_ 
  4. Sejarah lovebird_ 
  5. Karyawan kantoran dengan 40 pasang lovebird_ 
  6. Cara mengurangi resiko kematian saat meloloh anakan lovebird. Hand Feeding (meloloh anakan/piyik burung oleh manusia)_ 
  7. Cara mengatasi sisa makan pada tembolok lovebird saat meloloh anakan lovebird. Hand Feeding (meloloh anakan/piyik burung oleh manusia)_ 
  8. Cara membuat CD/CeDe pakan tambahan untuk burung lovebird dan kenari_ 
  9. Batu bata merah bisa menggantikan tulang sotong untuk asinan pada burung lovebird_ 
  10. Cara membedakan jenis kelamin lovebird _sexing lovebird_ 
  11. Cara membuat sarang alami untuk burung lovebird_ 
  12. Cara meracik pakan untuk meloloh anakan burung lovebird. Hand Feeding (meloloh anakan/piyik burung oleh manusia)_ 
  13. Warna – warna lovebird yang masih lumayan mahal harganya_ 
  14. Godong herbal_ jual beli obat herbal komplit harga grosir, keaslian produk dan kwalitas terjamin_ 
  15. Solusi mengatasi burung lovebird yang terkena sesak sapas atau asma_ 
  16. Penyakit diare atau mencret pada lovebird_ 
  17. Mengatasi penyakit pada burung lovebird
  18. Mengenal berbagai macam burung finch, blackthroat, mozambik, sanger, emprit jepang dll_ 
  19. Jualan - jualan burung. Diintip yuk jualan burungnya_ 
  20. Pakan lolohan untuk indukan dan anakan burung lovebird, kenari dll, dengan harga paling ekonomis dan juga sangat aman_ 
  21. Solusi burung cepat bertelur dan produksi, klik disini.





Gojayan bird farm

Klaten - Jawa Tengah - Indonesia
HP - Wa - 0 8 5 6 2 8 9 0 0 8 0



















































BELI PAKAN HF / LOLOHAN TOLEE SEKARANG!!! 
Anakan burung lebih sehat , CEPAT GEDE, cepat besar dan bongsor, MEMPERKUAT TULANG ANAKAN BURUNG , bulu tumbuh lebih rapi dan mengkilat , MUDAH DICERNA, tidak lengket dan TIDAK MENGENDAP DITEMBOLOK.
SMS / WA : 0 8 5 6 2 8 900 8 0
 

























BELI PAKAN HF / LOLOHAN TOLEE SEKARANG!!! 
Anakan burung lebih sehat , CEPAT GEDE, cepat besar dan bongsor, MEMPERKUAT TULANG ANAKAN BURUNG , bulu tumbuh lebih rapi dan mengkilat , MUDAH DICERNA, tidak lengket dan TIDAK MENGENDAP DITEMBOLOK.
SMS / WA : 0 8 5 6 2 8 900 8 0























































.




































BELI PAKAN TOLEE SEKARANG!!! 

Anakan burung lebih sehat , CEPAT GEDE, cepat besar dan bongsor, MEMPERKUAT TULANG ANAKAN BURUNG , bulu tumbuh lebih rapi dan mengkilat , MUDAH DICERNA, tidak lengket dan TIDAK MENGENDAP DITEMBOLOK.

SMS / WA : 0 8 5 6 2 8 900 8 0





















BELI PAKAN TOLEE SEKARANG!!! 


Anakan burung lebih sehat , CEPAT GEDE, cepat besar dan bongsor, MEMPERKUAT TULANG ANAKAN BURUNG , bulu tumbuh lebih rapi dan mengkilat , MUDAH DICERNA, tidak lengket dan TIDAK MENGENDAP DITEMBOLOK.

SMS / WA : 0 8 5 6 2 8 900 8 0

























BELI PAKAN TOLEE SEKARANG!!! 

Anakan burung lebih sehat , CEPAT GEDE, cepat besar dan bongsor, MEMPERKUAT TULANG ANAKAN BURUNG , bulu tumbuh lebih rapi dan mengkilat , MUDAH DICERNA, tidak lengket dan TIDAK MENGENDAP DITEMBOLOK.

SMS / WA : 0 8 5 6 2 8 900 8 0






BELI PAKAN TOLEE SEKARANG!!! 


Anakan burung lebih sehat , CEPAT GEDE, cepat besar dan bongsor, MEMPERKUAT TULANG ANAKAN BURUNG , bulu tumbuh lebih rapi dan mengkilat , MUDAH DICERNA, tidak lengket dan TIDAK MENGENDAP DITEMBOLOK.

SMS / WA : 0 8 5 6 2 8 900 8 0











BELI PAKAN TOLEE SEKARANG!!! 


Anakan burung lebih sehat , CEPAT GEDE, cepat besar dan bongsor, MEMPERKUAT TULANG ANAKAN BURUNG , bulu tumbuh lebih rapi dan mengkilat , MUDAH DICERNA, tidak lengket dan TIDAK MENGENDAP DITEMBOLOK.

SMS / WA : 0 8 5 6 2 8 900 8 0






































BELI PAKAN TOLEE SEKARANG!!! 

Anakan burung lebih sehat , CEPAT GEDE, cepat besar dan bongsor, MEMPERKUAT TULANG ANAKAN BURUNG , bulu tumbuh lebih rapi dan mengkilat , MUDAH DICERNA, tidak lengket dan TIDAK MENGENDAP DITEMBOLOK.

SMS / WA : 0 8 5 6 2 8 900 8 0



















BELI PAKAN TOLEE SEKARANG!!! 

Anakan burung lebih sehat , CEPAT GEDE, cepat besar dan bongsor, MEMPERKUAT TULANG ANAKAN BURUNG , bulu tumbuh lebih rapi dan mengkilat , MUDAH DICERNA, tidak lengket dan TIDAK MENGENDAP DITEMBOLOK.

SMS / WA : 0 8 5 6 2 8 900 8 0


























BELI PAKAN TOLEE SEKARANG!!! 

Anakan burung lebih sehat , CEPAT GEDE, cepat besar dan bongsor, MEMPERKUAT TULANG ANAKAN BURUNG , bulu tumbuh lebih rapi dan mengkilat , MUDAH DICERNA, tidak lengket dan TIDAK MENGENDAP DITEMBOLOK.

SMS / WA : 0 8 5 6 2 8 900 8 0






































BELI PAKAN TOLEE SEKARANG!!! 

Anakan burung lebih sehat , CEPAT GEDE, cepat besar dan bongsor, MEMPERKUAT TULANG ANAKAN BURUNG , bulu tumbuh lebih rapi dan mengkilat , MUDAH DICERNA, tidak lengket dan TIDAK MENGENDAP DITEMBOLOK.

SMS / WA : 0 8 5 6 2 8 900 8 0












BELI PAKAN TOLEE SEKARANG!!! 


Anakan burung lebih sehat , CEPAT GEDE, cepat besar dan bongsor, MEMPERKUAT TULANG ANAKAN BURUNG , bulu tumbuh lebih rapi dan mengkilat , MUDAH DICERNA, tidak lengket dan TIDAK MENGENDAP DITEMBOLOK.

SMS / WA : 0 8 5 6 2 8 900 8 0





BELI PAKAN TOLEE SEKARANG!!! 

Anakan burung lebih sehat , CEPAT GEDE, cepat besar dan bongsor, MEMPERKUAT TULANG ANAKAN BURUNG , bulu tumbuh lebih rapi dan mengkilat , MUDAH DICERNA, tidak lengket dan TIDAK MENGENDAP DITEMBOLOK.

SMS / WA : 0 8 5 6 2 8 900 8 0
 



































































BELI PAKAN TOLEE SEKARANG!!! 

Anakan burung lebih sehat , CEPAT GEDE, cepat besar dan bongsor, MEMPERKUAT TULANG ANAKAN BURUNG , bulu tumbuh lebih rapi dan mengkilat , MUDAH DICERNA, tidak lengket dan TIDAK MENGENDAP DITEMBOLOK.

SMS / WA : 0 8 5 6 2 8 900 8 0 










BELI PAKAN TOLEE SEKARANG!!! 


Anakan burung lebih sehat , CEPAT GEDE, cepat besar dan bongsor, MEMPERKUAT TULANG ANAKAN BURUNG , bulu tumbuh lebih rapi dan mengkilat , MUDAH DICERNA, tidak lengket dan TIDAK MENGENDAP DITEMBOLOK.

SMS / WA : 0 8 5 6 2 8 900 8 0



BELI PAKAN TOLEE SEKARANG!!! 

Anakan burung lebih sehat , CEPAT GEDE, cepat besar dan bongsor, MEMPERKUAT TULANG ANAKAN BURUNG , bulu tumbuh lebih rapi dan mengkilat , MUDAH DICERNA, tidak lengket dan TIDAK MENGENDAP DITEMBOLOK.

SMS / WA : 0 8 5 6 2 8 900 8 0
 










































BELI PAKAN TOLEE SEKARANG!!! 
Anakan burung lebih sehat , CEPAT GEDE, cepat besar dan bongsor, MEMPERKUAT TULANG ANAKAN BURUNG , bulu tumbuh lebih rapi dan mengkilat , MUDAH DICERNA, tidak lengket dan TIDAK MENGENDAP DITEMBOLOK.

SMS / WA : 0 8 5 6 2 8 900 8 0
 





BELI PAKAN TOLEE SEKARANG!!! 
Anakan burung lebih sehat , CEPAT GEDE, cepat besar dan bongsor, MEMPERKUAT TULANG ANAKAN BURUNG , bulu tumbuh lebih rapi dan mengkilat , MUDAH DICERNA, tidak lengket dan TIDAK MENGENDAP DITEMBOLOK.

SMS / WA : 0 8 5 6 2 8 900 8 0




 

 


BELI PAKAN TOLEE SEKARANG!!! 
Anakan burung lebih sehat , CEPAT GEDE, cepat besar dan bongsor, MEMPERKUAT TULANG ANAKAN BURUNG , bulu tumbuh lebih rapi dan mengkilat , MUDAH DICERNA, tidak lengket dan TIDAK MENGENDAP DITEMBOLOK.

SMS / WA : 0 8 5 6 2 8 900 8 0
 

BELI PAKAN TOLEE SEKARANG!!! 
Anakan burung lebih sehat , CEPAT GEDE, cepat besar dan bongsor, MEMPERKUAT TULANG ANAKAN BURUNG , bulu tumbuh lebih rapi dan mengkilat , MUDAH DICERNA, tidak lengket dan TIDAK MENGENDAP DITEMBOLOK.

SMS / WA : 0 8 5 6 2 8 900 8 0
 

 

 

 




BELI PAKAN TOLEE SEKARANG!!! 
Anakan burung lebih sehat , CEPAT GEDE, cepat besar dan bongsor, MEMPERKUAT TULANG ANAKAN BURUNG , bulu tumbuh lebih rapi dan mengkilat , MUDAH DICERNA, tidak lengket dan TIDAK MENGENDAP DITEMBOLOK.

SMS / WA : 0 8 5 6 2 8 900 8 0


 


 





BELI PAKAN TOLEE SEKARANG!!! 
Anakan burung lebih sehat , CEPAT GEDE, cepat besar dan bongsor, MEMPERKUAT TULANG ANAKAN BURUNG , bulu tumbuh lebih rapi dan mengkilat , MUDAH DICERNA, tidak lengket dan TIDAK MENGENDAP DITEMBOLOK.

SMS / WA : 0 8 5 6 2 8 900 8 0

 



BELI PAKAN TOLEE SEKARANG!!! 
Anakan burung lebih sehat , CEPAT GEDE, cepat besar dan bongsor, MEMPERKUAT TULANG ANAKAN BURUNG , bulu tumbuh lebih rapi dan mengkilat , MUDAH DICERNA, tidak lengket dan TIDAK MENGENDAP DITEMBOLOK.

SMS / WA : 0 8 5 6 2 8 900 8 0
 

BELI PAKAN TOLEE SEKARANG!!! 
Anakan burung lebih sehat , CEPAT GEDE, cepat besar dan bongsor, MEMPERKUAT TULANG ANAKAN BURUNG , bulu tumbuh lebih rapi dan mengkilat , MUDAH DICERNA, tidak lengket dan TIDAK MENGENDAP DITEMBOLOK.

SMS / WA : 0 8 5 6 2 8 900 8 0
 



 




 


 



BELI PAKAN TOLEE SEKARANG!!! 
Anakan burung lebih sehat , CEPAT GEDE, cepat besar dan bongsor, MEMPERKUAT TULANG ANAKAN BURUNG , bulu tumbuh lebih rapi dan mengkilat , MUDAH DICERNA, tidak lengket dan TIDAK MENGENDAP DITEMBOLOK.

SMS / WA : 0 8 5 6 2 8 900 8 0

















































No comments:

Post a Comment